Jumat, 28 Mei 2010



Re: Memperkuat Pergelangan Tangan?

Postby axl_extreme » Thu Nov 19, 2009 12:36 pm
Pull up merupakan salah satu latihan otot punggung (lattisimus dorsi) terbaik yang dilakukan dengan bergantungan pada sebuah palang/bar besi dan menarik tubuh sampai dagu bisa sejajar (atau sedikit di atas) dengan bar tersebut. Posisi kaki bisa lurus maupun ditekuk, namun umumnya adalah dengan menekuk kaki. Latihan ini terutama melibatkan otot biceps dan forearms, oleh sebab itu kunci untuk dapat pull up dengan baik adalah melatih kekuatan pada biceps dan forearms mu, jadi bukan karena masalah pergelangan tangan, dan ingat semua tidak ada yg instant, harus bertahap dan rutin.

saya sarankan untuk membiasakan diri kamu selalu pull up dengan rutin untuk memperkuat semua bagian tubuh yang di gunakan untuk pull up, tempatnya bisa di mana saja, contoh : di atas pintu rumah mu, untuk waktu bisa kapan saja, habis bangun tidur atau mau tidur, semuanya harus di biasakan dari sekarang. Lakukan repetisi semampu mu untuk pertama kali, namun setiap beberapa minggu sekali cobalah untuk menambah 1-2 repetisi. Untuk tahap2 awal kamu boleh minta bantuan teman untuk membantu mengangkat lutut anda hanya pada repetisi2 terakhir di mana anda benar2 tidak mampu lagi mengangkat tubuh mu sendiri dengan penuh (full range of motion) atau hanya setengah tubuh saja. nanti jika kamu sudah berhasil melakukan pull up sebanyak 10 repetisi tanpa bantuan seseorang, maka berusahalah untuk menambah repetisi sendiri tanpa bantuan lagi. Pada tahap itu bantuan seseorang memang sudah tidak diperlukan lagi karena lengan mu sudah terbiasa dan hanya memerlukan penambahan kekuatan untuk dapat melakukan tambahan repetisi.

Untuk dapat membiasakan diri berlatih pull up, kamu perlu melatih kekuatan lengan anda secara keseluruhan, khususnya otot biceps dan forearms. Untuk otot biceps berlatihlah Biceps Barbell Curl dan untuk otot forearms berlatihlah dengan gerakan Barbell Wrist Curl. Jika di rumah ada dumble, klo gak ada kita cari cara alami saja seperti Bar Dip (dengan kaki condong ke depan) dan Triceps Push Down. Kedua latihan terakhir ini walaupun diutamakan melatih otot2 triceps, namun sangat besar pengaruhnya terhadap seluruh kekuatan forearms dan upper arms kamu, sehingga sangat menunjang gerakan full range of motion pada pull up mu nanti (bukan hanya setengah pull up). Dalam melakukan pull up dengan performa yang baik, fokuskan kekuatan loe pada siku bukan pada genggaman mu. Jika kamu fokus pada genggaman tangan, maka otot biceps akan menerima pengaruh yang lebih besar daripada otot punggung mu.

1 komentar:

  1. +Aku ini jg baru belajar jd belajar sama2 ya.........??!!! OC..!

    BalasHapus